4 September 2025

43 Persen Penumpang Internasional Whoosh Berasal dari Malaysia

Kabar
Penumpang di Stasiun Whoosh.
Penumpang di Stasiun Whossh. Foto Dokumentasi KCIC.

AWESH.id-PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat jumlah wisatawan mancanegara yang menggunakan Whoosh paling banyak dengan 225 ribu atau 43 persen berasal dari Malaysia. Jumlah wisatawan mancanegara terus bertumbuh sejak pertama kali diluncurkan.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, tren positif ini semakin terlihat pada awal September. Dimana jumlah wisatawan Malaysia yang menggunakan Whoosh mencapai puluhan rombongan bahkan lebih dari 750 penumpang per hari.

Peningkatan ini juga dipengaruhi oleh momentum libur panjang akhir pekan yang dirayakan baik di Indonesia maupun Malaysia.

Eva mengatakan, meningkatnya kepercayaan wisatawan Malaysia menunjukkan layanan Whoosh telah diakui aman, nyaman, dan andal, bukan hanya oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga wisatawan asing.

“Wisatawan asing melihat Whoosh bukan hanya sebagai sarana transportasi, tetapi juga bagian dari pengalaman wisata mereka di Indonesia. Kecepatan dan kenyamanan yang ditawarkan membuat mereka memilih Whoosh untuk bepergian,” ujar Eva dalam keterangan resmi yang AWESH.id terima, Kamis (4/9/2025).

Untuk memperkuat pasar wisatawan mancanegara, kata Eva, KCIC bersama Kementerian Pariwisata (Kemenpar) serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat terus melakukan kolaborasi promosi. Bentuknya antara lain melalui pameran pariwisata, menghadirkan travel vlogger asal Malaysia untuk mengenalkan Whoosh kepada audiens yang lebih luas, serta menggelar familiarization trip bagi pelaku industri pariwisata.

Hasil kolaborasi ini terlihat nyata dengan semakin banyaknya wisatawan yang datang berkelompok. Setiap harinya, puluhan rombongan wisatawan Malaysia tiba dari bandara maupun setelah berwisata di Jakarta, lalu melanjutkan perjalanan ke Bandung menggunakan Whoosh.

“Whoosh kini tidak hanya menjadi penghubung Jakarta–Bandung dengan waktu tempuh singkat, tetapi juga menjadi daya tarik wisata modern yang menjadi kebanggaan Indonesia. Kehadiran wisatawan asing, terutama dari Malaysia, memperkuat peran Whoosh dalam mendukung pariwisata dan memperkenalkan citra positif Indonesia di mata dunia,” kata Eva.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas