
AWESH.id-Mulai 17 Desember 2025 KCIC menghadirkan fitur pembatalan tiket secara online melalui platform kanal digital resmi, yakni Tiket.com dan Traveloka.
Kebijakan ini merupakan bagian dari penguatan layanan digital. Dimana KCIC terus memperkuat transformasi layanan berbasis digital seiring dengan meningkatnya pemanfaatan transaksi online oleh penumpang Whoosh. Sejak dilakukan sosialisasi peralihan ke transaksi digital pada Oktober, porsi transaksi online menunjukkan pertumbuhan signifikan.
General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, pada September, transaksi online tercatat sebesar 68,18 persen, kemudian meningkat menjadi 86,51 persen pada November, atau tumbuh sekitar 18,32 persen. Sejalan dengan hal tersebut, transaksi offline menurun dari 31,82 persen menjadi 13,49 persen.
Melalui layanan ini, penumpang yang melakukan pembelian tiket Whoosh melalui kedua platform tersebut dapat mengajukan pembatalan tiket langsung secara online tanpa perlu datang ke stasiun.
Eva mengatakan, tren peningkatan transaksi online tersebut menjadi dasar bagi KCIC untuk terus mengembangkan layanan digital yang memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi penumpang.
“Peningkatan pemanfaatan transaksi online menunjukkan bahwa penumpang semakin mengandalkan layanan digital dalam merencanakan perjalanan. KCIC merespons hal ini dengan menghadirkan layanan yang memudahkan penumpang dalam mengelola tiket, termasuk pembatalan secara online,” ujar Eva.
Baca juga: Cerita Perjuangan Ertina Ikuti PPG dengan Jaringan Internet Terbatas di Pedalaman Papua
Kolaborasi dengan kedua mitra ini, kata Eva, merupakan bagian dari strategi KCIC dalam memperluas jangkauan layanan digital serta mendekatkan kemudahan akses kepada masyarakat. Penguatan kolaborasi ini juga sejalan dengan komitmen KCIC dalam menghadirkan layanan transportasi publik yang modern dan berorientasi pada kebutuhan pengguna.
Selain melalui mitra penjualan, fitur pembatalan tiket secara online juga telah tersedia di Aplikasi Whoosh. Penumpang dapat mengakses layanan pembatalan tiket melalui aplikasi hingga 2 jam sebelum jadwal keberangkatan.
Aplikasi Whoosh juga menyediakan fitur penjadwalan ulang (reschedule) tiket secara online yang dapat diakses hingga 5 menit sebelum keberangkatan, sehingga memberikan fleksibilitas lebih bagi penumpang dalam menyesuaikan rencana perjalanan.
Eva mengatakan, hadirnya layanan pembatalan dan reschedule secara online ini bertujuan memberikan kemudahan, fleksibilitas, dan kepastian layanan bagi penumpang, sehingga seluruh proses pengelolaan perjalanan dapat dilakukan secara digital, praktis, dan efisien, terutama pada periode dengan mobilitas tinggi seperti libur akhir tahun.
“Ke depan, KCIC akan terus melakukan evaluasi dan pengembangan layanan berbasis digital untuk meningkatkan kemudahan, fleksibilitas, serta kenyamanan perjalanan dengan Whoosh, sejalan dengan kebutuhan mobilitas masyarakat yang terus berkembang,” ujar Eva.
Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun atau Contact Center KCIC melalui 150909, WhatsApp chat ke 0811-8888-111, email ke cs@kcic.co.id, serta melalui DM ke Instagram @keretacepat_id.