AWESH.id-PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat ada 174 barang tertinggal di area stasiun dan kereta cepat Whoosh selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).
General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, barang tertinggal pada momen Nataru kali ini meliputi tas kecil, tas jinjing, botol minum, jaket, hingga plastik berisi barang bawaan penumpang. Petugas kerap mendapatkan barang-barang tertinggal tersebut di lokasi seperti ruang tunggu, mesin xray, toilet, dan saku kursi kereta.
“Setiap barang penumpang yang tertinggal akan diamankan oleh tim KCIC di layanan Lost & Found yang tersedia di setiap stasiun dan terkoneksi antarstasiun,” kata Eva dalam keterangan resmi.
Artinya, kata Eva, bagi penumpang yang merasa barangnya tertinggal di area kereta cepat Whoosh bisa menghubungi stasiun kereta cepat Whoosh di mana pun.
“memastikan ketika barang yang tertinggal sudah masuk ke Lost & Found, barang penumpang aman dan akan dikembalikan sesuai dengan SOP yang berlaku,” ujar Eva.
Baca juga: Menko PMK Dorong Masyarakat Tak Berlebihan Rayakan Tahun Baru
Eva mengatakan, sebagai bentuk keamanan dan pengawasan, area stasiun dan kereta cepat Whoosh dilengkapi 1.390 CCTV yang tersebar secara merata di berbagai titik. Sehingga, tim KCIC maupun penumpang bisa mengecek bersama saat merasa barang tertinggal di area tersebut. Meski demikian, Eva kembali mengingatkan pada seluruh penumpang untuk selalu menjaga barang bawaan pribadi.
Bagi penumpang yang merasa kehilangan barang, dapat menghubungi petugas di kereta dan stasiun, atau bisa juga menghubungi layanan pelanggan melalui email di cs@kcic.id. Penumpang diharapkan menyampaikan informasi yang jelas terkait deskripsi barang, waktu kejadian, serta nomor tiket perjalanan untuk memudahkan proses pencarian.
KCIC, kata Eva, mengimbau seluruh penumpang untuk tetap waspada dan memastikan barang bawaannya sebelum meninggalkan kereta maupun area stasiun Whoosh. Juga memastikan jumlah barang sesuai dengan yang dibawa saat berangkat dari kediaman serta mengecek kembali rak atas kursi atau saku depan kursi sebelum meninggalkan kereta.
Selain itu, penumpang yang ingin bepergian dengan Whoosh perlu juga memerhatikan aturan bagasi dan ketentuan barang bawaan. Setiap penumpang kereta cepat Whoosh diperbolehkan membawa barang bawaan sebanyak 3 unit dengan ukuran maksimal 100cm x 30cm x 40 cm dengan berat total maksimum 20 kilogram. Barang bawaan ini bisa berupa 2 koper atau dus serta 1 ransel atau tas tangan.
“Kami memahami bahwa ketinggalan atau kehilangan barang di momen liburan adalah pengalaman yang kurang menyenangkan. Oleh karena itu, layanan Lost and Found kami hadir untuk memberikan solusi dan memastikan kenyamanan penumpang Whoosh,” kata Eva.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai perjalanan Whoosh, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun atau Contact Center KCIC melalui ke 150909, WhatsApp chat ke 0815-1032-0909, email ke cs@kcic.co.id, serta Instagram reply dan DM ke @keretacepat_id.