
AWESH.id-Pada periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), sejak 19 Desember 2024 hingga 05 Januari 2025, sebanyak 321 ribu tiket Whoosh telah terjual ke berbagai tujuan.
Rata-rata, setiap harinya, Whoosh melayani sebanyak 21-22 ribu penumpang di masa libur akhir tahun kali ini. Untuk perjalanan Kamis 2 Januari 2025 jumlah tiket yg terjual hinggal sore ini sudah mencapai 19 ribu tiket. Diprediksi angka penumpang kembali akan mencapai lebih dari 20 ribu karena penjualan tiket hingga kereta terakhir masih berlangsung.
General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, jumlah penumpang Whoosh mengalami peningkatan sebesar 20 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.
“Meski sudah memasuki akhir libur Nataru, jumlah penumpang masih tetap mengalami peningkatan. Peningkatan ini mencerminkan antusiasme masyarakat terhadap kereta cepat Whoosh yang terus menjadi pilihan utama untuk perjalanan selama musim liburan,” ujar Eva.
Baca juga: Sederet Wisata Kuliner Legendaris di Karawang
Total sebanyak 321 ribu tiket yang sudah terjual untuk perjalanan Whoosh di masa Nataru mulai tanggal 19 Des sampai 5 Januari 2025. Dari jumlah tersebut, 295.700 merupakan tiket terjual dari penumpang yang sudah melakukan perjalanan whoosh sejak tanggal 19 Desember 2024 sampai 1 Januari 2025.
Sementara 25.300 lainnya merupakan tiket yang sudah dipesan untuk keberangkatan hingga 5 Januari 2025. Jumlah tersebut akan terus meningkat mengingat penjualan masih terus berlangsung secara online maupun offline.
Pada periode Nataru kali ini, kata Eva, KCIC setiap hari mengoperasikan sebanyak 48 perjalanan Whoosh per hari dengan rincian 24 perjalanan dari Stasiun Halim dan 24 perjalanan dari Stasiun Tegalluar. Terdapat 20 perjalanan yang berhenti di Stasiun Karawang pada Nataru kali ini.
Total, KCIC menyediakan sebanyak 28 ribu tempat duduk setiap harinya yang dapat dipesan oleh masyarakat melalui berbagai saluran penjualan. Pembelian tiket secara online dapat dilakukan melalui aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, Brimo, Wondr by BNI, dan tiket.com. Masyarakat juga bisa membeli melalui jalur offline seperti loket dan Ticket Vending Machine (TVM) di Stasiun.
Eva mengatakan, KCIC memperkirakan peningkatan masih akan terus terjadi hingga berakhirnya masa Nataru di Minggu 5 Januari 2025. Bahkan peningkatan penumpang masih terprediksi akan terus terjadi hingga Senin (6/1/2025), dimana akan banyak pekerja yang memilih keberangkatan Whoosh di Senin pagi dari Bandung untuk menuju Jakarta dan melanjutkan aktivitasnya.
“Selama masa libur Nataru ini, layanan kereta cepat Whoosh berjalan lancar dengan peningkatan jumlah penumpang yang signifikan. KCIC berkomitmen untuk terus memaksimalkan pelayanan hingga akhir masa Nataru, memastikan setiap perjalanan penumpang berlangsung aman, nyaman, dan tepat waktu,” ujar Eva.